Blogger news

Kamis, 13 September 2012

PTI 1st


Perlukah kita mengetahui teknologi informasi? Ya tentunya kita membutuhkannya karena manusia tidak akan bisa lepas dari teknologi.manusia akan dituntut dengan kompleksitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi,respon waktu yang cepat, tekanan persaingan bisnis serta peningkatan layanan. Misalnya seorang kasir yagn dulunya memakai alat bantu hitung berupa sempoa ataupun kalkulator,seiring dengan kebutuhan dan arus teknologi sekarang mereka menggunakan aplikasi-aplikasi komputer yang lebih simpel dan kompleks.Selain teknologi yang semakin maju, manusia juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi aplikasi tersebut. Sehingga perlu pengetahuan mengenai teknolgi informasi.

Sebelum kita mempelajari teknologi informasi dan komponen-komponennya,pertama kita harus mengetahui apa yang disebut data. Data adalah Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya. Jadi data sesuai dengan kenyataan dan dapat digunakan sebagai bahan mentah untuk menyusun suatu informasi, tentunya data tersebut berstruktur sehingga dapat dimengerti dan dapat diterjemahkan oleh komputer dan hasil akhirnya berupa teks, gambar, audio, video dll. Data yang telah melalui tahap pemrosesan merupakan wujud dari suatu informasi
Sebelum menjadi hasil akhir, data tersebut perlu manipulasi sehingga menjadi data yang berstruktur,saling berhubungan satu dengan yang lain dan memiliki makna.  Kita dapat memperoleh  informasi dari Pengataman lapangan (observasi), Kuesioner, Kejadian/event (pencatatan/perekaman,  Pemodelan (simulasi, forecasting) Media massa, Alat telekomunikasi, Alat elektronis dll. sebelum kita mendapatkan  informasi, kita perlu melihat apakah informasi tersebut baik atau tidak. Informasi yang baik mencakup kriteria sebagai berikut : Tepat waktu,Akurat,Mudah diakses, Menghilangkan keraguan,  Berhubungan dan Berdasarkan fakta. Informasi tersebut selanjutnya akan diolah menjadi sebuah pengetahuan yang biasanya dikelompokkan berdasarkan  internalisasi tertentu.
Informasi mengalami beberapa tahap evolusi, diantaranya yaitu ; abad pertanian, abad industri, dan abad informasi. Pada abad informasi, dikenal istilah masyarakat informasi dimana kegiatan mereka cenderung kepada penanganan di bidang informasi. Teknologi sendiri merupakan ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains. Tujuan Teknologi Informasi sendiri yaitu untuk memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas, dan efisiensi. Sedangkan fungsinya untuk menangkap, mengolah, menghasilkan, menyimpan, mengambil kembali, dan melakukan transmisi.
Teknologi informasi sangat berperan penting karena beberapa alasan seperti Komplekitas  tugas manajemen, Peningkatan layanan, Pengaruh globalisasi, Perlunya tugas manajemen, Tekanan persaingan bisnis sehingga memerlukan teknologi yang lebih canggih. Komponen teknologi informasi meliputi Hardware , software , brainware Hardware adalah istilah umum yang merujuk  kondisi fisik sebuah teknologi informasi(perangkat keras ) misalnya hard driver , Cpu , Monitor , scanner , printer , PC kamera. Setelah kita tahu apa itu hardware (perangkat keras), perlu juga kita mengetahui apa itu software (perangkat lunak). Software adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk program, dokumen dan data. Komponen teknologi informasi berikutnya adalah brainware. Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Maksud dari kalimat tersebut, brainware adalah kita yang mengoperasikan komputer.
Di dalam komponen teknologi informasi terdapat juga istilah firmware dan infoware. Firmware adalah perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen, misal instruksi yang disimpan permanen di ROM. Sedangkan yang dimaksud Infoware adalah suatu perangkat dimana perangkat tersebut memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada user atau pengguna komputer tentang tata cara dan aturan penggunaan komputer yang baik dan sehat.
Setelah kita tahu berbagai komponen teknologi informasi, selanjutnya adalah penerapan teknologi informasi dalam kehidupan. Misal dalam perbankan, komputer digunakan untuk alat transaksi, teknologi informasi tidak hanya digunakan dalam perbankan saja, melainkan industri, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan, dll, juga menggunakan kemajuan teknologi informasi.
Disusun oleh:
Ary Nur Syamsiah
Ninik Kusumawati
Muhammad ‘Ariful Furqon
Muhammad Nur’Azza
Wildan Setyobudi

0 komentar:

Posting Komentar